RSS

CARA BERKOMUNIKASI PADA ZAMAN DULU

Pada zaman dulu manusia berkomunikasi dengan cara langsung berhadapanantara pengirim dan penerima informasi. Kenapa mereka melakukan hal seperti itu?Karena pada zaman dahulu masih belum ada alat komunikasi seperti sekarang, yang adahanyalah alat – alat yang masih sangat sederhana dan itu pun masih terbatas hanya pada alat – alat komunikasi yang menghasilkan bunyi dan isyarat. Misalnya alat komunikasi yang digunakan pada zaman dahulu berupa gendang, terompet, rambu dari batu, ranting ,bahkan isyarat dari asap.
Alat – alat komunikasi seperti diatas biasanya digunakan sebagai tanda mengajak agar orang – orang yang ada disekitar atau jarak yang terjangkau bunyi alat lain dapat berkumpul atau member tanda adanya suatu bahaya.
Ada juga yang menggunakan satu alat bahkan sampai sekarang masih digunakan
didaerah – daerah pedesaan. Alat tersebut kita kenal dengan nama kentongan.
Selain alat tersebut diatas, untuk menyampaikan berita atau informasi pada saat sebelummodern seperti saat ini, manusia menggunakan gambar atau simbol bahkan lukisan tentang binatang buruan yang digambar didinding – dinding gua tempat mereka tinggal.
Bahkan dinegara kita Indonesi tercinta ini, kita dapat cara – cara berkomunikasi penduduk indonesia zaman dulu terutama pada masa kerajaan didaerah,merekaberkomunikasi dengan cara membuat prasasti – prasasti atau candi – candi yangdidalamnya menceritakan peristiwa penting atau kejadian yang pernah terjadi pada masaitu. Sementara itu dinegara – negara lainpun banyak ditemukan gambaran – gambaran bagaimana cara berkomunikasi manusia pada zaman dulu yang masih sederhana seperti alat komunikasi yang berupa pekakas, binatang, perahu, gerakan, waktu dan lain – lain yang seperti paenah ditemukan dinegara kita juga.
Sepertinya manusia tidak pernah puas dengan apa yang ada pada saat itu, maka
untuk memenuhi kebutuhan itu manusia senantiasa berusaha terus mencari, sampai saat
akhirya menemukan suatu alat denga cara baru untuk berkomunikasi dengan mudah,
efektif dan efisien yang sesuai dengan perkembangan zamannya.
Misalnya pada saat itu manusia telah menemukan lagi cara baru untuk menyampaikan informasi yakni dengan menggunakan sistem semapur yaitu dengan cara menggunakan bendera atau cahaya lampu senter. Sehingga dengan cara tersebutinformasi sudah bisa diterima meskipun pengirim dan penerima berada ditempat yang sulit terjangka. Cara mengirim informasi dengan cara naik ke puncak bukit atau naik keatas bangunanyang lebih tinggi sehingga informasi bisa dilihatdari berbagai arah. Atahbahkan bisa dilakukan antar kapal laut yang sedang berlayar di tengah lautan.
Zaman semakin maju, seiring dengan kemajuan dan perkembangan peradaban manusia maka cara penyampaian pesan atau informasi pun ikut berkembang pula,bahkan lebih pesat.

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa
adalah teknolog. Bahasa memungkinkan seseorang
memahami informasi yangdisampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapan.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa – bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada bertahan lebih lama.Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang.

Adannya alfabet dan angka arabik memudahkan penyampaian informasi dari yangsebelumnya satu gambar mewakili suatu peristiwa dibut dengan kombinasi alfabet, ataupenulisan angka yang tadinya MCMXLIII diganti dengan 1943.
Dari ilustrasi diatas, maka teknologi merupakan hasilkarya kreasi dan inovasi
manusia untuk mempermudah berbagai proses dankegiatan dalam kehidupannya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

My FIsh